Indonesia Siap Bekerja Keras Akan Siap Export Ikan Laut, Korea Selatan Menargetkan Ikan Layur -->

Indonesia Siap Bekerja Keras Akan Siap Export Ikan Laut, Korea Selatan Menargetkan Ikan Layur


DETIKBMI.COM - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki perairan yang sangat luas seperti juga lautan maupun pulau. Maka tidak heran jika negara ini dapat menghasilkan tangkapan ikan laut yang sangat banyak dan sangat berkualitas .

Saat ini pun pemerintah Indonesia sedang bekerja keras dalam melakukan perjanjian perdagangan dengan pihak negara Korea Selatan.

Lewat deklarasi bersama penyelesaian perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif lndonesia-Korea Selatan (lndonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/lK-CEPA), perusahaan ekspor produk perikanan Indonesia sudah menandatangani perjanjian letter of intent (Lol) dengan perusahaan impor Korea Selatan.

Berdasarkan perjanjian tersebut diketahui Korea Selatan juga akan mengimpor produk perikanan Indonesia seperti contohnya ikan layur, cumi, dan makarel. Perjanjian ini dikatakan bernilai mencapai USD 1 juta lebih.

"Perusahaan Korea Selatan berharap kerja sama dengan Indonesia ini akan meningkatkan nilai perdagangan sektor perikanan yang lebih baik bagi kedua negara tersebut," kata Kepala Biro Humas G Olvy Andrianita di Busan.

Setelah melakukan perjanjian dan tandangan perjanjian tersebut, pihak importir dari negara Korea Selatan akan datang Iangsung berkunjung ke Indonesia untuk melihat fasilitas ekspor di Indonesia dengan secara langsung.

lmportir Korea Selatan juga akan memastikan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Indonesia dan sertiflkat kesehatan Indonesia untuk produk perikanan.

"Penandatanganan Lol ini sangat menggembirakan karena selama ini importir Korea Selatan tersebut mengimpor produk perikanan dari Rusia. Ini pertama kalinya bagi importir Korea Selatan yang mengimpor produk perikanan dari negara  Indonesia," kata Olvy.


LihatTutupKomentar