Gempa Terjadi di Wilayah Timur Taiwan Dini Hari Sebesar 5,3 Skala Ritcher -->

Gempa Terjadi di Wilayah Timur Taiwan Dini Hari Sebesar 5,3 Skala Ritcher



DETIKBMI.COM - Hari ini dikabarkan Taiwan barusan di landa gempa bumi berkekuatan sebesar 5,3 Skala Ritcher, gempa bumi tersebut melanda Taiwan Timur, terjadi pada pukul 1:30 dini hari pada Kamis (10/12/2020). Menurut dari hasil pemantauan Biro Cuaca Pusat (CWB) Taiwan, pusat gempa tersebut kurang lebih 62,3 kilometer arah selatan dari Balai Kabupaten Hualien.

 

Gempa pada dini hari terjadi pada pukul 1:30 menurut Biro Cuaca Pusat gempa tersebut tergolong dangkal  dengan kedalaman focus 36,3 kilometer, menurut  data CWB Taiwan pusat, Otoritas Taiwan menggunakan skala intensitas dari angka satu hingga tujuh, yang mengukur sejauh mana atas goncangan gempa tersebut yang terjadi pada dini hari. Gempa tersebut dirasakan di lokasi yang berbeda-beda dan di lokasi tertentu.

 

Intensitas gempa memiliki tingkat 4 dilaporkan tercatat di Kabupaten Taitung, wilayah bagian tenggara Taiwan, sedangkan guncangan gempa pada skala 3 dirasakan di wilayah Kabupaten Hualien, kemudian Kota Kaohsiung, kemudian disusul Kabupaten Changhua. Tremor dampak gempa pada tingkat intensitas 2 yakni tercatat di Kabupaten Chiayi, Kabupaten Nantuo, Kabupaten Yunlin, Kota Taichung, Kota Tainan, Kota Chiayi kemudian Kabupaten Miaoli.

 

Untuk sementara ini itensitas yang lebih rendah, adalah pada tingkat 1 yang dirasakan oleh warga masyarakat yang bermukim di Kabupaten Yunlin, Kabupaten Hsinchu, Kabupaten Pingtung, dan kemudian Kota Hsinchu. Hingga berita informasi ini diturunkan oleh otoritas Taiwan menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa maupun cedera dan kerusakan property public akibat gempa.

LihatTutupKomentar