Taiwan Peduli Kepada Masyarakat Indonesia, Hingga Nyumbang 1 Juta Masker Bedah Ke Indonesia -->

Taiwan Peduli Kepada Masyarakat Indonesia, Hingga Nyumbang 1 Juta Masker Bedah Ke Indonesia

Taiwan Peduli Kepada Masyarakat Indonesia, Hingga Nyumbang 1 Juta Masker Bedah Ke Indonesia
Add caption

DETIKBMI.COM - Menangani virus corona dalam upaya menangkal penyebaran wabah virus corona yang saat ini belum reda juga asal Wuhan. China (COVID-19), otoritas Taiwan mengirimkan bantuan berupa puluhan juta masker, yaitu sekitar 1O juta masker bedah yang dapat digunakan sebagai pelindung diri dari paparan virus corona ke sejumlah sekutu diplomatik.

Dalam konferensi pers yang digelar pada hari Selasa (07/04) Kementerian Luar Negeri (MOFA) Taiwan mengatakan upaya pemerintah Taiwan dalam mengantisipasi wabah corona telah dilirik dan diacungi jempol di kalangan internasional.

Setelah mengirimkan 10 juta masker bedah ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa, kini Taiwan juga tengah bersiap untuk mengirimkan lebih dari 1 juta masker ke negara-negara Kebijakan Baru arah Selatan atau yang dikenal dengan istilah New Soutbound Policy (NSP) yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Otoritas mancanegara mengaku salut dengan upaya sigap dan kebijakan yang diterapkan di negeri Formosa untuk menekan angka penyebaran wabah corona di Taiwan yang hingga kini masih terbilang cukup rendah jika ditinjau dari fakta bahwa Taiwan terletak cukup dekat dengan pusat wabah corona yakni di Wuhan, China.

Setelah berhasil meningkatkan produksi masker bedah harian, kini Taiwan berupaya untuk membantu negara-negara Iain yang terkena pandemi corona. Pada 1 April, MOFA mengatakan akan mengirimkan sebanyak 2 juta masker bedah ke AS, sekitar 7 juta masker bedah ke negara-negara Eropa dan 1 juta masker bedah ke sejumlah negara sekutu diplomatiknya untuk membantu staf medis setempat dalam menangani pasien yang terpapar virus corona.

Gelombang kedua donasi masker bedah ini akan dikirimkan ke negara-negara yang dicakup oleh Kebijakan Baru arah Selatan yang digagas oleh presiden Taiwan, Tsai Ing-wen dimana sebagian besar negara-negara tersebut berada di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan yang ditargetkan untuk menjalin hubungan bilateral di sektor ekonomi, budaya. pariwisata dan pendidikan yang Iebih erat sejak tahun 2016 Ialu.

Adapun 7 dari 18 negara dalam program tersebut telah memberi tahu Taiwan tentang kebutuhan mereka yang cukup mendesak akan pasokan masker bedah, khususnya bagi tenaga medis yang menjadi garda depan dalam mengantisipasi penyebaran wabah corona, kata pihak MOFA Taiwan.

Ke-7 negara yang dimaksud termasuk Filipina, India, Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam dan Myanmar, laporan media CNANews. Negara-negara lain, seperti Jepang dan Korea Selatan, belum menghubungi Taiwan tentang masalah ini, menurut Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Para pejabat MOFA Taiwan menekankan bahwa bantuan untuk sekutu diplomatik yang terletak di kawasan Pasifik, seperti Kepulauan Marshall, Palau, dan Nauru dan Tuvalu,telah terlebih dahulu mendapat bantuan dari otoritas Taiwan termasuk dalam donasi ventilator. dukungan teknis. dan desain rumah sakit selain sumbangan sejumlah masker bagi pekerja medis di kawasan tersebut.

Sumber : CNANEWS
LihatTutupKomentar