Wamena Papua Semakin Memanas Korban Sekitar 16 Orang Meninggal Dunia, Dan 66 Luka Ringan -->

Wamena Papua Semakin Memanas Korban Sekitar 16 Orang Meninggal Dunia, Dan 66 Luka Ringan


DETIKBMI.COM - Wamena Papua memanas gara-gara kabar hoax (23/9/2019). Akibatnya 16 orang meninggal dunia dan 66 orang terluka dalam kericuhan tersebut. Kabar hoax tersebut dimana ada seorang guru mengeluarkan kata-kata rasis di sekolahan. Dimana kabar tersebut memicu aksi masyarakat turun di jalan dan berjalan anarkis.

Chandra Dianto, menyebutkan ada sekitar 16 orang yang meninggal dunia adalah warga sipil. "Untuk aparat di Wamena tidak ada korban jiwa," katanya.

Chandra menjelaskan, ke-16 jenazah
saat ini masih berada di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Wamena, termasuk korban yang mengalami luka ringan hingga luka berat.

"Korban meninggal rata-rata kena benda tajam dan terbakar. Sementara untuk korban Iuka-Iuka banyak terkena benda tajam G pada bagian tubuhnya," jelas Chandra.

Lanjut Chandra, kebanyakan korban meninggal dan luka-Iuka tersebut ya itu ada di daerah HOM-HOM, daerah yang dikenal dengan pusat bisnis di Kota Wamena. Salah satunya HOM-HOM pun terdapat ruko dan pemukiman warga yang kerap dijadikan tempat usaha.

"Hingga detik ini anggota kami masih berjaga dan sekaligus masih mencari korban luka atau pun meninggal yang kemungkinan masih bisa bertambah," tandasnya.

Sementara Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodha mengaku sudah menelusi kabar hoax tersebut. "Kami sudah klarifikasi kepada yang bersangkutan, dan kenyataannya tidak benar terhadap kabar yang beredar dan mengakibatkan aksi massa ini,” akunya.

"Saya harap semua pihak saling menahan diri, Hingga sampai saat ini situasi di Wamena masih belum kondusif dan beredar kabar akan ada

serangan lanjutan. Tentunya jangan muda percaya dengan kabar atau isu yang belum tentu kebenarannya,"pungkasnya.

Sumber: Borobudur News
LihatTutupKomentar