Waspada Virus Hepatitis Tikus, seorang Kake Di Wong Tasi Sin Positif Terkena Serangan Virus Yang Di Tularkan Oleh Tikus -->

Waspada Virus Hepatitis Tikus, seorang Kake Di Wong Tasi Sin Positif Terkena Serangan Virus Yang Di Tularkan Oleh Tikus

Info bmi hongkong
Foto: tribunnews

DETIKBMI.COM - Pusat Perlindungan Kesehatan ( Centre for Health Protection ) Hong Kong saat ini sedang menyelidiki kasus pertama Hepatitis E (tikus HEV) yang menular pada seorang pasien berusia 73 tahun yang tinggal di Wong Tai Sin.

Dilansir oleh on.cc pasien itu tidak bisa mengingat pernah kita atau tidak berhubungan kontak secara langsung dengan tikus atau kotoran mereka.
Fungsi hati pasien itu terganggu awal bulan ini tetapi kondisinya stabil. Dia kemudian dites positif tertular Hepatitis E Tikus.
Pasien tidak boleh bepergian selama masa inkubasi Menurut Pusat Perlindungan Kesehatan, Hepatitis E adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV).

Semua HEV yang dilaporkan menginfeksi manusia adalah milik Orthohepevirusgenus. Genus Orthohepevirus diklasiflkasikan menjadi empat spesies, HEV-A hingga HEV-D, yang bersirkulasi pada inang yang berbeda.

Sementara HEV biasa yang menyebabkan infeksi pada manusia adalah milik HEV-A, kasus-kasus infeksi manusia dengan HEV-C (juga dikenal sebagai HE V tikus) jarang dilaporkan, terutama pada orang yang tertekan kekebalannya.

- Fase awal demam, nafsu makan berkurang, mual dan muntah, berlangsung selama beberapa hari;

- Nyeri perut, gatal, ruam kulit, atau nyeri sendu

- Penyakit kuning (perubahan warna kuning pada kulit dan sklera mata, dengan warna urin atau air kencing gelap dan warna tinja pucat); dan

- Hati yang agak membesar dan lunak (hepatomegali).

GejaIa-gejala ini seringkali tidak dapat dibedakan dengan yang dialami selama penyakit hati lainnya dan biasanya berlangsung selama 1 6 minggu.
Untuk infeksi manusia dengan HEV tikus, mode penularan yang tepat tidak diketahui saat ini. Kemungkinan jalurtransmisi atau penularannya bisa melalui:

Menelan makanan atau air yang terkontaminasi oleh tikus atau kotorannya;
Paparan terhadap lingkungan atau benda yangterkontaminasi oleh tikus atau kotorannya; danKontak langsung dengan tikus atau kotorannya.

Masa inkubasi setelah paparan HEV biasa menyebabkan infeksi manusia berkisar 2 10 minggu, dengan rata-rata 5 6 minggu. Masa inkubasi infeksi manusia dengan HEV tikus tidak diketahui saat ini.

Sumber:on.cc
LihatTutupKomentar