Nanti  Besok SBMI Ini Bakal Suarakan Daryati, TKW  Hari ini yang Terancam Hukuman Mati di Singapura -->

Nanti  Besok SBMI Ini Bakal Suarakan Daryati, TKW  Hari ini yang Terancam Hukuman Mati di Singapura

info bmi singapura

DETIKBMI.COM - JAKARTA Pada peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2018 besok, Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) akan mengangkat isu terkait ketidakadilan yang dialami buruh migran di luarnegri

Bersama dengan aliansi buruh yang lain, SBMI akan menyuarakan beberapa isu.

"Kita akan mengangkat beberapa kasus terkait buruh migran, pertama mengangkat kasus pekerja Indonesia di luar negeri tak berdokumen. Mereka tak berdokumen karena masih ditahan oleh perusahaan dimana pekerja itu disalurkan," kata SekretarisJenderal SBMI, Bobi, , Pancoran,]akarta Selatan, Senin (30/4/2018).

Selain itu, isu lain yang akan diangkat oleh SBMI adalah pembelaan mengenai kasus TKW asal Indonesia yang membunuh majikannya di Singapura.

"Kasus seperti Daryati kayak gini kita tidak meyakini Daryati melakukan itu kalau karena keterpaksaan keadaan. Di Lampung isu itu akan diangkatjuga besok. Di dalam konteks itu kami ingin menuntut penghapusan hukuman mati," katanya.

Pasalnya, hukuman mati tidak bisa begitu saja divonis kepada buruh migran yang ada di luar negeri.

"Ada beberapa buruh migran yang terancam hukuman mati, tapi terjadinya pembunuhan itu ada latar belakang yang melatarinya. Tidak serta merta main membunuh. Seperti itu ada situasi terpaksa. Situasi terpaksa itu kan juga harus dibongkar," kata Bobi.

Bobi menambahkan, akan memperjuangkan menghapus hukuman mati termasuk di negeri Singapura.

Bobi menambahkan, akan memperjuangkan menghapus hukuman mati termasuk di negeri Singapura.

"Singapura masih memberlakukan hukuman mati tapi kami mendorong pemerintah supaya Daryati tidak dihukum mati. Penghapusan hukuman mati karena hak atas hidup itu kan harus diperjuangkan bahkan orang yang melakukan kesalahan sekalipun," katanya.

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Besok SBMI Bakal Suarakan Daryati, TKW yang Terancam Hukuman Mati di Singapura

sumber tribunnews
LihatTutupKomentar