15 Tahun Di Tahan Majikanya, TKW ini Akhirnya Pulang Ke Indramayu -->

15 Tahun Di Tahan Majikanya, TKW ini Akhirnya Pulang Ke Indramayu

Info bmi saudi arabia

DETIKBMI.COM - Tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Darkem (51 tahun), akhimya bernafas lega setelah bisa pulang ke rumahnya yang berada di Desa Tegal Girang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Wanita yang berprofesi sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Arab Saudi itu kembali ke kampungnya setelah tak diperbolehkan pulang selama 15 tahun oleh majikannya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihakpihak terkait yang sudah membantu proses pemulangan lbu Darkem," kata Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) cabang Indramayu, Juwarih, di Indramayu, Selasa, seperti dilansirAntara.

Terlebih, kata Juwarih, Darkem pulang dengan membawa hak-haknya termasuk sisa gaji selama 1O tahun yang akhirnya dibayar oleh majikannya.

Juwarih mengatakan, Darkem berangkat ke Arab Saudi melalui agen penyalur dari PT Trisula Bintang Mandiri pada 13 Oktober 2003. Selanjutnya oleh penyalur PRT di Arab Saudi yakni agency AI Shareef, Darkem dipekerjakan pada majikan bernama Gazwa Shagar AI Hamadi yang berdomisili di kota Arja, Dawadmi, Arab Saudi.

"Setelah Iebih dari tiga tahun bekerja Darkem tidak diizinkan untuk pulang, bahkan gajinya pun mulai tidak dibayar," tutur Juwarih.

Akibat perlakuan Gazwa, anak Darkem, Riyan Ade Saputra menyampaikan pengaduan kepada SBMI cabang Indramayu pada 24 Januari 2017. Selanjutnya pada 27 Januari 2017, SBMI secara tertulis menyampaikan pengaduan ke KBRI Riyadh, Arab Saudi.

"Kemudian pada pertengahan bulan Mei 2018 Tim Atase Ketenagakerjaan KBRI Riyadh dengan dibantu kepolisian Arja berhasil menemukan Darkem," katanya.

Setelah menunggu berbulan-bulan untuk pemenuhan hak-haknya, akhirnya Darkem dipulangkan oleh pemerintah Arab Saudi.

"Kurang lebih dua bulan berada di shelter Kementerian Sosial Arab Saudi sambil menunggu proses kepulangan dan haknya, kemudian pada 17 November 2018 oleh pemerintah Arab Saudi Darkem dipulangkan ke Indonesia," pungkasnya.

LihatTutupKomentar