Waspada Taiwan Berpontensi Gempa Magnitude Sebesar 8,0 SR -->

Waspada Taiwan Berpontensi Gempa Magnitude Sebesar 8,0 SR

Info bmi taiwan
Foto: CWB 

DETIKBMI.COM - Bagi Anda yang berada di Taiwan, tentu tahu kemarin (8 Agustus 2019) telah terjadi gempa bumi di Taiwan yang berkekuatan 6.0 SR pada pukul 05:28.

Para ahli berpendapat bahwa gempa kali ini hanya melepaskan energi normal, namun karena bertepatan dengan datangnya badai topan, maka efek kerusakannya mungkin bertambah.

Para ahli juga mengatakan bahwa gempa susulan yang ada tidak perlu dikhawatirkan, namun begitu masyarakat harus waspada, sebab ada kemungkinan gempa besar dengan magnitude 8.0 SR akan datang di masa depan.

Chen Wenshan dosen di Fakultas Geologi Universitas Nasional Taiwan (NTU) mengatakan bahwa gempa kemarin berada di laut Nan'ao dan sangat normal terjadi setiap 3 hingga 5 tahun, dengan kekuatan yang juga normal.

Berdasarkan pengalaman, akan ada 1 gempa besar, tapi gempa susulan berikutnya tidak akan banyak dan berlangsung paling lama 1 minggu.

Profesor dari Departemen Ilmu Bumi NCU, Yan Hongyuan juga mengatakan hal yang sama, sementara peneliti dari Academia Sinica Lin Zheng.

Mengatakan karena gempa tersebut bertepatan dengan datangnya badai topan, maka masyarakat yang berada sekitar pegunungan harus berhati-hati dengan adanya tanah longsor.

Profesor dari Departemen Ilmu Bumi NCU, Li Xidi mengatakan bahwa energi yang terlepas dari gempa bumi di Yilan tidak terlalu besar dan dirasa cukup baik, sebab energi dari dalam bumi setidaknya telah terlepaskan sebagian.

Namun begitu, gempa ini mengingatkan masyarakat Taiwan, bahwa pencegahan dan perlindungan terkait dengan gempa bumi, khususnya di daerah timur sangat diperlukan.

Meskipun telah melepaskan energi dari dalam bumi, namun masih ada energi yang masih belum terlepas.

Menurut pihak peneliti, dalam waktu dekat ini tidak akan ada lagi gempa besar, namun gempa bumi tersembunyi.

Taiwan di masa mendatang harus diwaspadai, terkhususnya gempa di sekitar pesisir Hualien dan gempa dalam lautan yang berpotensi berkekuatan 8.0 SR.

Sumber: Ettoday



LihatTutupKomentar