Gara-Gara Salah MemBaca Berita, BMI Hongkong lni Menuntut Agen Sama Majikan Memberi Gaji HK$17000 Alhasil Begini  yang Terjadi -->

Gara-Gara Salah MemBaca Berita, BMI Hongkong lni Menuntut Agen Sama Majikan Memberi Gaji HK$17000 Alhasil Begini  yang Terjadi

Info bmi hongkong

DETIKBMI.COM - Gara gara terpengaruh fake news alias berita palsu, beberapa TKWI mendatangi kantor agen penyalur khusus caregiver (perawat orang jompo) dan minta dicarikan majikan yang bersedia memberi gaji HK$15ribu 17 ribu per bulan.

"Beberapa BMI mendatangi kami dan minta dicarikan majikan yang bersedia memberikan gaji HK$ 75 ribu 17 ribu per bulan. Maaf, tapi saya rasa hal itu tidak mungkin karena tenaga lokal yang memiliki sertifikat khusus sebagai perawat jompo saja gajinya kadang tidak sampai sebesar itu, saya pikir akan sangat sulit mencari orang Hong Kong yang bersedia menggaji seorang Pekerja Rumah Tangga, yang tidak memiliki sertifikat khusus, sampai sebesar itu di Hong Kong," kata Steven Chiu, Direktur Active Global, saat wawancara khusus dengan SUARA, Jumat, 8/2/2019. Active Global adalah agen penyalur khusus caregiver di Hong Kong, yang kantomya berlokasi di Wan Chai.

Sejak beredarnya berita tentang rencana KJRI bekerjasama dengan Departemen Labour untuk melatih BMI sebagai caregiver, berhembus pula berita-berita hoax di berbagai media yang tidak bertanggung jawab bahwa BMI yang bertugas sebagai caregiver di Hong Kong bisa mendapat gaji sampai sebesar HK$15ribu-17 ribu.

Para BMI mendatangi Active Global dan meminta dicarikan majikan yang bersedia memberi gaji sedemikian. Terkejut akan permintaan tersebut, Chiu menolak dan sempat patah arang menyalurkan pekerjaan sebagai caregiver untuk BMI di Hong Kong.

"Pertama-tama, sangat sulit mencari majikan yang mau membayar sampai sebesar itu untuk PRT yang tidak memi/iki sertiflkat khusus caregiver, tapi di Iain pihak, ka/au kami mendatangkan caregiver profesional dari Indonesia ke Hong Kong, seringkali bermasalah dengan bahasa, karena biasanya tidak bisa berbahasa Kantonis dan sangat minim berbahasa lnggris," kata Chiu.

Menurut Chiu, para pekerja migran dari Filipina, India dan Srilanka yang kini mereka salurkan bekerja sebagai caregiver dengan visa Pekerja Rumah Tangga di Hong Kong, telah menjalani pelatihan caregiver bersertiflkat di agennya, dan mendapatkan gaji tak kurang dari HK$ 7000 per bulan. "Tapi (gajinya) tidak sampai HK$ 17 ribu," kata Chiu, menegaskan.

Konsul Jenderal Tri Tharyat, mengenai pelatihan caregiver untuk BMI ini hanya akan sebatas kepada peningkatan kemampuan saja, dan belum sampai membahas tentang perubahan kontrak, gaji khusus apalagi visa caregiver kepada BMI. ”Sejauh ini belum, belum ada, training (di Hong Kong) ini tujuannya untuk meningkatkan skill menjadi caregiver,” kata Konjen Tri.

Dua syarat utama BMI untuk mendaftarkan diri ikut pelatihan caregiver ini adalah telah bekerja sebagai caregiver di majikan yang sekarang ini, dan telah mendapatkan ijin majikan untuk mengikuti pelatihan caregiver secara penuh (tidak boleh bolos).

Sumber: suarabmi, suaraHK

 BACA JUGA NIH  Kerja Di Hong kong  Gajinya HK$ 6000 Lebih Di Hong Kong Ada Caranya  Begini Caranya









LihatTutupKomentar