Heboh Gara Covid-19 33 ABK TKI Dipulangkan ke Indonesia dari Taiwan -->

Heboh Gara Covid-19 33 ABK TKI Dipulangkan ke Indonesia dari Taiwan

DETIKBMI.COM - Sekitar ada 33 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang merupakan anak buah kapal (ABK), menunggu selama berbulan-bulan dan kemudian mereka dibatasi dikarenakan Pandemi virus Covid-19.  Pemulangan mereka terbagi ada dua golongan, ucap Kepala Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei  Budi Santoso dalam keterangan tertulisnya di Beijing pada hari Jumat. (13/2020).

 

Gelombang pertama pada pemulangan yang terdiri dari tiga pelaut dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2020, kemudian disusul  pada tahap gelombang kedua pada hari Rabu (11/11) yakni yang terdiri dari 30 pelaut. Menurutnya Budi pada tahap pemulangan gelombang berikutnya akan dilakukan sekitar pada tanggal 24 November dengan jumlah kurang lebih ada 30 orang sesuai dengan kapasitas penerbangan yang diizinkan .

 

Beliau menjelaskan bahwa proses pemulangan pelaut di Indonesia membutuhkan proses waktu sedikit panjang dimulai pada bulan April 2020 sejak pelaporan pertama yang diterima oleh KDEI Taipei. Sudah berbagai upaya telah dilakukan demi untuk memulangkan para ABK Indonesia dengan melakukan serangkaian pertemuan dan kemudian negosiasi dengan berbagai instasi terkait di Taiwan.

 

Pada waktu Kementerian  Luar Negeri Taiwan saat memfasilitasi balai pertemuan dengan berbagai instasi untuk membahas permohonan bantuan kemanusiaan yang diajukan oleh pihak KDEI Tapei tujuannya agar pelaut Indonesia diizinkan pulang melalui Taiwan.

 

Pemerintah Taiwan secara resmi mengizinkan pelaut berkewarganegaraan  asing yang bekerja di kapal-kapal berbendera asing, yakni bukan “Taiwan “ dapat direptrasi melalui Taiwan dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

 

Waktu selama  menunggu proses proses kepulangan para ABK tersebut, ada sebagian tidak menerima gaji dari majikan, namun selama itu pula, mereka mendapatkan bantuan kebutuhan sehari-hari dari KDEI Taipei.   

Source: Kompas

LihatTutupKomentar