Ada Yang Nakal: BP2MI Laporkan Akun Dan Website Penipuan Ke Kepolisian Dan Kominfo -->

Ada Yang Nakal: BP2MI Laporkan Akun Dan Website Penipuan Ke Kepolisian Dan Kominfo

bp2mi

DETIKBMI.COM - Jakarta, BP2MI( 20/ 07)- Biro Hukum serta Humas Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia ( BP2MI) sudah memberi tahu account serta web penipuan yang mengatasnamakan BP2MI ke Kepolisian dan Departemen Komunikasi serta Informatika( Kominfo).

Kepala Dinas Hukum serta Humas, Sukmo Yuwono melaporkan, BP2MI menyambut banyak aduan terkait upaya penipuan serta penyebaran data yang menyesatkan( hoax) di alat online yang mengatasnamakan BP2MI. Oleh sebab itu, Biro Hukum serta Humas BP2MI mengadukan tindak kesalahan internet( cyber crime) ke Polda Metro Jaya, pada Senin( 20/ 07).

"Kepada Kominfo, kami juga telah melaporkan kepada Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan melakukan penapisan dan pemblokiran terhadap akun media sosial dan website tersebut. Pihak Polda juga telah menyatakan akan melakukan kordinasi dengan Kominfo secara langsung atas laporan dari BP2MI tersebut,"ujar Sukmo, di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Sukmo mengatakan ada beberapa account serta web yang sudah diadukan supaya bisa ditindaklanjuti dengan cara hukum oleh Kepolisian, mengenang banyaknya Pekerja Migran Indonesia( PMI) yang sudah dirugikan serta jadi korban penipuan dari account itu.

"Kami telah melaporkan akun facebook atas nama BP2MI Pusat, BP2MI, website https://bp2mi-tbk.blogspot.com/, dan beberapa akun media sosial lainnya yang kerap menyampaikan informasi hoax dan mengarah kepada penipuan. Dan kami juga telah melaporkan konten negatif ini kepada Kementerian Kominfo  agar dilakukan penapisan dan pemblokiran terhadap akun dan website tersebut," jelasnya.

Pada masyarakat khususnya para PMI, Sukmo mengamanatkan buat tidak gampang percaya kepada hal- hal yang tidak nyata sumber informasinya.

"Jika informasi tersebut dari BP2MI, pastikan sumbernya dari website resmi BP2MI yaitu www.bp2mi.go.id atau akun media sosial BP2MI yang resmi dan bercentang biru," tutup Sukmo. ***(Humas/SD/MH)

Dan ini buat pembelajaran untuk semuah Pekerja Migran Indonesia (PMI) harus jeli melihat informasi. Karena masih banyak orang-orang nakal di Indonesia, seperti pembrangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non dokumen atau di kenal Ilegal bekerja di luar negeri.

LihatTutupKomentar