BP2MI Angakat Bicara Tentang Bisnis Kotor TKI Ilegal, Bisa Untung Hingga Rp 20 Juta/Orang -->

BP2MI Angakat Bicara Tentang Bisnis Kotor TKI Ilegal, Bisa Untung Hingga Rp 20 Juta/Orang


BP2MI Angakat Bicara Tentang Bisnis Kotor TKI Ilegal, Bisa Untung  Hingga Rp 20 Juta/Orang

DETIKBMI.COM - Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang dulu dikenal sebagai (TKI) Tenaga Kerja Indonesia sebagian juga banyak ada yang berangkat bekerja melalui jalur unprosedural. Menanggapi hal seperti ini, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani mengatakan bahwa jalur tersebut itu melibatkan kekuatan pemilik modal, perusahaan, dan oleh oknum-oknum nakal tertentu hingga sekarang detik ini oknum-oknum seperti ini masih  banyak .

Menurut dia, bisnis seperti ini itu kotor yang dilakukan memiliki keuntungan sangat benar-benar menggiurkan sekali yaitu sekitaran antara Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. Benny mentatakan menyesalkan bisnis kotor ini melibatkan banyak pihak sehingga seolah negara lumpuh dalam hal-hal tersebut.

"Dan saya itu akhir-akhir ini mulai nyatakan perang sudah dimulai," ujarnya media briefing bersama sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional, pada hari Jumat (15/5/2020).

Masalah seperti ini hingga sekarang adalah negara kita Indonesia itu sangat dirugikan sekali dengan pengiriman unprosedural. Akibatnya, data-data penting mereka itu tidak terdeteksi di sistem negara jikalau ada apa-apa contoh, kecelakaan kerja hingga sampai meninggal dunia. Hal itu akan berdampak pada sulitnya radar perlindungan negara. Meski faktanya, hingga sekarang saat mereka menemukan masalah, negara harus hadir memberikan pembelaan.

Benny bilang endemi Covid- 19 hendak jadi momentum tercantum permasalahan ABK di kapal ikan Cina yang mengemuka sebagian waktu lalu. BP2MI hendak mendesak seluruh pihak serta stakeholder jalani perbaikan aturan mengurus perekrutan, penempatan, serta aturan mengurus kegiatan di negeri penempatan, dan aturan mengurus pengembalian ke tanah air. 

" Terkait ABK ini merupakan masa untuk akhiri kepribadian abdi sektoral departemen serta lembaga di era di mana merah putih harus lebih besar dari bendera kementerian serta lembaga," tutur Benny.

Beliau memohon ganjaran yang diserahkan untuk industri yang mensupport praktik- praktik pemberangkatan PMI unprosedural. Salah satu ganjaran dapat berbentuk pengumuman bagaikan ganjaran sosial. Tujuannya warga ketahui rekam jejaknya yang kurang baik alhasil ke depan lebih berjaga- jaga tidak lagi terkecoh kala dibawa buat bekerja di perusahaan mereka. 

News Doc : CNBC

LihatTutupKomentar