3.000 Pekerja Lokal Terancam di PHK Jila 500 TKA Asal, China Tidak Jadi Datang! -->

3.000 Pekerja Lokal Terancam di PHK Jila 500 TKA Asal, China Tidak Jadi Datang!




DETIKBMI.COM
 -  Kedatangan TKA asal China yang kemarin sempat menghebohkan warganet kembali menjadi perbincangan dikalangan aparat dan stakeholder terkait.

Pasalnya kedatangan para TKA asal China tersebut patut dipertimbangkan karena akan berdampak pada tenaga kerja lokal.

Tertundanya kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China menjadi masalah berarti bagi PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS).

Akibat tertundanya kedatangan TKA China itu, bahkan pembangunan smelter di perusahaan yang berada di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara ( Sultra) tersebut sekarang terpaksa dihentikan karena kurangnya tenaga ahli.

External Affairs Manager PT VDNI Indrayanto mengatakan, para TKA tersebut sedianya akan mengerjakan 33 tungku smelter milik PT OSS.

Pengerjaan tungku smelter tersebut diklaim dapat menyerap ribuan tenaga kerja lokal.

Terkait penerimaan ribuan karyawan itu, menurutnya saat ini sudah selesai dilakukan perekrutan.

Lebih lanjut dikatakan, 500 TKA China tersebut merupakan tenaga teknis yang bekerja secara temporer dan bukan untuk waktu lama.

Peran para TKA asal China yaitu ditempatkan di bagian khusus, mereka adalah memasang alat pada tungku smelter untuk produksi.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menolak kedatangan TKA asal China karena sedang pandemi corona.

Namun seiring berjalannya waktu dan pertimbangan yang cukup matang, peran para TKA asal China tersebut cukup penting karena tidak adanya pekerja lokal yang mampu tau mau ditempatkan diposisinya.

Hingga saat ini kepastian kedatangan para TKA asal China tersebut masih dalam perbincangan aparat dan pejabat terkait.

News Doc: Kompas.com
LihatTutupKomentar