Taiwan Dan Malaysia Menjadi Negera Terbanyak Penempatan TKI. -->

Taiwan Dan Malaysia Menjadi Negera Terbanyak Penempatan TKI.

Taiwan Dan Malaysia Menjadi Negera Terbanyak Penempatan TKI.

DETIKBMI.COM - Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat jumlah Tenaga Kerja Indonesia ( TKI) yang bekerja di luar negeri yang telah mencapai sebanyak 276.553 orang pada tahun 2019. Jumlah ini justru turun sebesar 2,5 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Data tersebut merupakan data pekerja migran yang bekerja dengan dokumen resmi atau bekerja secara legal dibawah pengawasan pemerintah. sehingga belum menghitung mereka yang merantau ke luar negeri secara ilegal atau tanpa dokumen yang tidak lengkap.

Dari semua total jumlah pekerja migran asal Indonesia tersebut sebanyak 69,15 persen merupakan tenaga kerja perempuan. dan negara dengan tujuan terbesar adalah negara Malaysia yang masih jadi negara penerima TKI terbesar dengan jumlah 79.662 orang.

Kemudian disusul ada negara Taiwan yang jumlah TKI sebanyak 79.574 orang atau hampir menyamai Malaysia.


Di negara Taiwan banyak TKI yang dipekerjakan sebagai asisten rumah atau pengasuh manula.

Sementara di urutan ketiga ada negara Hong Kong yang menampung TKI sebanyak 70.840 orang. Berturut-turut negara penampung berikutnya yakni Singapura 19.354 orang kemudian Arab Saudi 7.018 orang serta Korea Selatan dengan jumlah 6.193 orang.

Lalu berikutnya adalah Brunai Darussalam dengan jumlah 5.639 orang, Italia dengan jumlah 1.349 orang, Kuwait 782 orang, UEA ada sebanyak 578 orang.

Namun berita terkini mengenai TKI di Malaysia kini sedang mengalami kondisi yang sangat sulit dan terancam kelaparan di tengah pembatasan aktivitas di Malaysia. Imbas dengan adanya lockdown negara Malaysia.

Otomatis para TKI yang tidak bisa bekerja tidak ada pemasukan. Sisa uang hasil bekerja tidak akan cukup untuk membeli makanan, jika situasi sulit pandemi corona ini terus berlanjut.

Para TKI atau pekerja migran sudah tidak lagi bisa bekerja. Keinginan pulang ke Indonesia pun juga bukan pilihan tepat karena pemerintah Indonesia mapun Malaysia menutup akses pulang ke kampung halaman.

Untuk saat ini kondisi para pekerja migran atau TKI yang berada d luar masih dalam pengawasan pemerintah, namun tidak secara maksimal.

Upaya pemulangan agar bisa pulang ke Indonesia dilakukan secara ilegal oleh para TKI sendiri yang nantinya akan menyebabkan kerepotan.

News Doc : Kompas.com
LihatTutupKomentar