Lagi Heboh Ratusan TKI Pulang Paksa Dari Malaysia Hingga Taiwan -->

Lagi Heboh Ratusan TKI Pulang Paksa Dari Malaysia Hingga Taiwan

Lagi Heboh Ratusan TKI Pulang Paksa Dari Malaysia Hingga Taiwan

DETIKBMI.COM - Dikabarkan bahwa Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan telah mewaspadai kepulangan ratusan ribu tenaga kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri.

TKI yang berasal dari Malaysia telah menjadi salah satu yang disoroti Luhut karena mempunyai risiko di tengah wabah pandemi corona ini.

"Ini memang masalah tersendiri, kedatangan tenaga kerja kita dari Kuala Lumpur itu hampir 505.000. Dan angka itu bisa bertambah. Kemudian dari Taiwan," kata Luhut, Selasa (21/4/20).

Lantaran Luhut khawatir dengan kepulangan para TKI yang tidak melalui cara-cara yang sesuai dengan prosedur. Bukan tidak mungkin bahwa para TKI ini bisa membawa pulang virus corona (Covid-19).

Yang di khawatirkan oleh Luhut sendiri adalah kepulangan para TKI yang melalui jalan tikus di berbagai kesempatan daerah terpencil dan daerah perbatasan, seperti contohnya di Kaltara (Kalimantan Utara),

Luhut mengaku merasa resah dengan kondisi para TKI akibat virus corona (Covid-19). Kabar terkini setidaknya bahwa ada tercatat sampai 505.000 orang TKI yang akan pulang dari Malaysia.

Kabar yang beredar bahwa ada terdapat TKI sampai 1 juta. Dan sekarang potensinya akan dipulangkan karena tidak mempunyai kerjaan di sana.

Terdapat pula para ABK yang jumlahnya mencapai 16 ribu, juga para TKI yang berasal dari negara Taiwan yang juga berencana akan dipulangkan dan pulang secara mandiri karena kontrak kerja habis.


News Doc : CNBC.COM
LihatTutupKomentar