Dinilai Resah Karena Ratusan Ribu TKI di Malaysia Dan Taiwan Ingin Pulang Ke Tanah Air -->

Dinilai Resah Karena Ratusan Ribu TKI di Malaysia Dan Taiwan Ingin Pulang Ke Tanah Air

Dinilai Resah Karena Ratusan Ribu TKI di Malaysia Dan Taiwan Ingin Pulang Ke Tanah Air

DETIKBMI.COM - Desas-desus kabar tentang Tenaga Kerja Indonesia masih sering kita dengar. Kemarin Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, telah mengkritik sikap Menteri Koordinator bidang Maritim dan Invenstasi yaitu Luhut Binsar Pandjaitan, yang dinilai resah karena ratusan ribu TKI di Malaysia dan Taiwan ingin pulang ke Tanah Air. Mengapa??

Sang menteri rupanya resah karena kepulangan para Pekerja Migran Kita,yang telah berjasa dalam menambahnya devisa negara. Jerry mengungkapkan bahwa seharusnya pemerintah mendukung para keinginan para TKI kita yang disebut Luhut berjumlah 505.000 karena mereka penyumbang devisa negara.

Jerry mengaku tidak tahu menahu alasan keresahan sang menteri kontroversial ini. Mengingat bahwa keinginan atas pulangnya para TKI itu juga didasari oleh kebijakan pemerintah Malaysia dalam menangani penyebaran virus corona.

Kepulangan para TKI ini didasari oleh keselamatan dan pencegahan, dimana TKI Indonesia di Malaysia dan negara lain sangat terancam maka dari itu lebih baik pulang ke Indonesia. Negara dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) harus menfasilitasi kepulangan mereka.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjamin setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak.

Maka dari itu hingga saat ini ribuan TKI asal Indonesia yang bekerja di negara tetangga sudah melakukan perjalanan pulang. Ataupun rekomendasi dari negara tempat bekerja untuk segera memulangkan.


News Doc : Suara.com

LihatTutupKomentar