Ada 20 TKI Naik Perahu Kayu Dari Malaysia Ke Sumatera Menyeramkan Nyali Baja -->

Ada 20 TKI Naik Perahu Kayu Dari Malaysia Ke Sumatera Menyeramkan Nyali Baja

Ada 20 TKI Naik Perahu Kayu Dari Malaysia Ke Sumatera Menyeramkan Nyali Baja

DETIKBMI.COM - Dilaporkan bahwa ada sebanyak 20 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal yang telah kembali diamankan oleh Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Tanjung Balai Asahan Lantamal I, Koarmada I pada Minggu (26/4/2020).

Para TKI tersebut telah diamankan pada hari Minggu dini hari di Tanjung Siapi-api, Asahan, Sumatera Utara lantaran pulang melalui jalur ilegal.

Kepala Dinas Penerangan Lantamal I Letda Laut (S) TNI Mega Patinurjaya mengatakan, saat ditemukan, para TKI diangkut menggunakan kapal nelayan jenis sampan dari Malaysia.

Dari hasil pemeriksaan, 20 orang TKI ilegal tersebut menuju Kuala Leidong di Kabupaten Labura dan ingin kembali ke daerah asal mereka yakni Batubara, Langkat dan Aceh.

Kemudian para TKI tersebut kini ditangani oleh Kantor Imigrasi dan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjung Balai.

Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan mereka pun akan menjalani proses lanjutan termasuk karantina dan pengecekan medis.

Komandan Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan yaitu Letkol Laut (P) Dafris Datuk Syahrudin menyatakan bahwa sebelumnya Tim F1QR Lanal TBA sudah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait pemulangan para TKI tersebut.

"Sekitar pukul 01.30 WIB, tim mengamankan kapal nelayan yang dicurigai dan langsung melaksanakan penangkapan terhadap kapal nelayan tersebut. Selanjutnya diperiksa dan dibawa ke Posmat Bagan Asahan, Lanal TBA guna pemeriksaan lanjutan," kata dia.

Kemudian para TKI yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim medis, juga pemeriksaan pengukuran suhu badan dan penyemprotan cairan disinfektan kepada barang bawaan maupun kapal yang digunakan telah dilaksanakan.

Perlakuan tersebut mengacu pada protokol yang sudah diterapkan oleh tim medis terkait oemeriksaan penanganan penyebaran virus corona. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Terdapat 20 TKI ilegal yang telah diamankan oleh tim terkait yang terdiri dari 13 laki-laki dan 7 orang perempuan dan terdapat 1 balita.

Para TKI yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tim medis, para TKI pun dinyatakan dalam kondisi yang sehat dan baik.

News Doc : Kompas.com
LihatTutupKomentar