5 Orang Asal Brebes Positif Corona -->

5 Orang Asal Brebes Positif Corona

5 Orang Asal Brebes Positif Corona

DETIKBMI.COM - Dari total jumlah sembilan peserta Ijtima Dunia yang berlangsung di daerah Gowa, Sulawesi Selatan asal 5 diantaranya dinyatakan positif virus covid 19 yaitu peserta yang berasal dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah setelah menjalani rapid test virus Corona (COVID-19) susulan.

Adapun hasil dari rapid test susulan tersebut lima orang dinyatakan positif sehingga jumlah total peserta Ijtima Gowa yang dinyatakan positif rapid test berjumlah sembilan orang.

"Saat didata untuk pemeriksaan gelombang dua, tercatat ada 14 orang. Tapi saat dijemput petugas, hanya ada 9 orang. Lainnya tidak ada di rumah," kata Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Bantarkawung, Eko Supriyanto, Senin (20/4/2020).

Dari sembilan orang peserta Ijtima Gowa tersebut telah dilakukan pengecekan dan diperiksa di RSUD Bumiayu. Hasil dari rapid test tersebut menunjukkan lima orang asal Kabupaten Brebes dinyatakan positif.

Setelah dilakukan pemeriksaan kemudian para peserta Ijtima Gowa yang positif rapid test tersebut akan diambil sampel swab di RSUD Brebes untuk dikirim ke Laboratorium Litbangkes.

"Tadi pagi empat, sekarang tambah lima lagi. Jadi semuanya berjumlah sembilan orang," terang Eko.

Terhadap para peserta Ijtima Gowa asal Brebes, Eko mengimbau agar bersikap kooperatif. Sehingga penyebaran virus Corona bisa dicegah dan terpantau.

"Saya mohon kerja samanya agar mau ikuti pemeriksaan rapid test," ujarnya.

Namun sebelumnya empat orang peserta Ijtima Gowa asal Kecamatan Bantarkawung, Brebes menjalani pemeriksaan rapid test di RSUD Bumiayu pagi tadi. Hasil pemeriksaan metode cepat ini, keempat orang ini seluruhnya positif.

Kemudian pada siang hari telah dilakukan pemeriksaan gelombang kedua yang akan dilakukan guna melihat hasil yang dinyatakan positif. Rencananya rapid test ini diikuti oleh 14 orang peserta ijtima yang baru saja pulang. Namun hanya sembilan orang yang bersedia menjalani pemeriksaan.

Di Kecamatan Bantarkawung sendiri tercatat ada 32 orang warga yang mengikuti Ijtima Dunia di Gowa.

Rangkaian yang digelar berakhir kemarin dan peserta asal Brebes langsung bergerak menuju daerahnya masing-masing, mereka pulang sejak 24 Maret 2020 lalu dan baru menjalani rapid test pada hari ini.

News Doc :  Kompas.com
LihatTutupKomentar