KBRI Geram Pasalnya Turis Asal Indonesia Bikin Heboh Karena Membuat Kereta Shinkanzen Telat Waktu Perjalanan

KBRI Geram Pasalnya Turis Asal Indonesia Bikin Heboh Karena Membuat Kereta Shinkanzen Telat Waktu Perjalanan


DETIKBMI.COM - Baru-baru ini beredar video di Facebook yang menceritakan kelakuan para wisatawan Indonesia yang tengah berkunjung ke Jepang. Perkara foto, bikin kereta Shinkansen telat. Mengutip dari Kompas.com (9/1) Hal itu pun pertama kali diketahui lewat unggahan video dan foto pengguna Facebook dengan nickname Kucing Putih, seorang warga negara Indonesia (WNI) yang diketahui tengah berada di Jepang.

Dalam videonya yang diunggah 7 jam lalu, ia merekam aksi sejumlah turis yang diketahui tengah berfoto dengan latar kereta Shinkansen yang berada dalam posisi siap berangkat. Masalahnya, sebagian dari rombongan turis itu menginjak garis kuning yang merupakan batas aman kereta.

Tak hanya melewati batas aman, wanita yang ada di sisi pojok kanan bahkan menyandarkan tangannya di sisi pembatas antara platform dan kereta. Akibatnya, mereka kena semprit masinis di kereta Shinkansen!

Menurut penuturan pengunggah video, kelakuan turis-turis itu membuat kereta Shinkansen ke arah Tokyo telat. Padahal, perkara telat adalah hal serius di Jepang.

"Masalahnya begini Shinkansen  itu sudah mau berangkat mereka ini malah asyik selfie pada saat waktu itu, tapi gangguin perka klb, jadi telat semua ini Shinkansen. Akhirnya Shinkansen menuju arah ke Tokyo pada telat 10 menit semua," ujar sang pengunggah video tersebut.

Yang lebih bikin malu, ternyata turis-turis itu diketahui berasal dari Indonesia. Mendengar dari bahasanya, sang pengunggah video menjelaskan kalau telah mengingatkan. Namun, tak digubris oleh mereka.

"Yang satunya malah bilang jawabnya 'bentar mas  kita itu lagi selfie. Ya sudah aku tinggal, gak lama di 'gas' masinis pakai s35. Diklakson panjang, Shinkansen normalnya gak akan klakson kalau benar-benar tidak ada bahaya" tulis sang pengunggah video tersebut.

Untuk informasi s35 merupakan bunyi peringatan yang dikeluarkan oleh pihak masinis Jepang apabila terjadi bahaya. Apabila s35 sampai dikeluarkan untuk mengingatkan turis agar menjauh dari batas aman, berarti hal itu sudah sangat kelewatan.

Diketahui, turis yang kabarnya berbahasa Indonesia itu terdiri dari beberapa orang yang berumur remaja hingga wanita dewasa. Hanya saja, identitas mereka tak diketahui lebihjauh.

"Ada yang emak-emak sama muda, pada naik Hikari. Tahu hari ini malam tahun baru, jadwal kereta jadi rengket karena banyak Shinkansen tambahan. lni telat 10 menit, petugas minta maaf mulu di Nozomi," tambah sang pengunggah video.

Nozomi merupakan kereta Shinkansen yang memiliki rute dari Stasiun Tokyo hingga Stasiun Hakata dan memiliki rel dengan total panjang 1.069,1 Km.

Para turis itu pun diketahui tengah menunggu kereta Shinkansen mereka. Sambil menunggu, mereka berfoto dan melewati batas aman sampai diklakson masinis Shinkansen.

"Mereka mau naik Hikari. Hikarinya belum datang. Yang di foto ini Nozomi tambahan," jelas sang pengunggah video.

Total, sekawanan turis itu telah beberapa kali diperingatkan. Pertama oleh sang pengunggah video dan tiga kali oleh petugas dan sekali oleh masinis Shinkansen lewat klakson s35 panjang.

News Doc: Kompas

LihatTutupKomentar