Biro Meteorologi Pusat Taiwan Melaporkan Pada Hari Ini Pukul 18:05 Telah Terjadi Gempa Dengan Skala 4,1 Skala Richter -->

Biro Meteorologi Pusat Taiwan Melaporkan Pada Hari Ini Pukul 18:05 Telah Terjadi Gempa Dengan Skala 4,1 Skala Richter

https://www.detikbmi.com

DETIKBMI.COM - Biro Meteorologi pusat Taiwan mengeluarkan laporan gempa bumi. Pada pukul 18:05 malam ini (28/1), gempa bumi tersebut dengan berskala 4,1 terjadi di Distrik Nanxi, Kota Tainan, dengan kedalaman 14 km, dan besarnya maksimum adalah 3 di Kota Tainan dan Kabupaten Chiayi, sedangkan kabupaten dan kota lainnya adalah Kaohsiung 2 dan Yunlin. Level 2, Nantou Level 1, Changhua Level 1, Penghu  Level 1.

Pusat Prakiraan Gempa Bumi Badan Meteorologi menyatakan bahwa gempa berskala 4,1 terjadi di Tainan pada pukul 18:05. Pusat gempa terletak ada di Distrik Nanxi, Kota Tainan, dengan kedalaman 14,4 kilometer, yang merupakan gempa dangkal.

Namun, di masa lalu, gempa sering terjadi di sini, dan skala gempa tidak besar, sehingga masyarakat tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi pada akhir-akhir ini gempa tersebut sedikit besar dengan sekala 4,1 membuat masyarakat Kota Tainan kaget dan heboh karena sangat terasa goncangan.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami himbauan buat para (TKI) Tenaga Kerja Indonesia berharap siap siaga jika kalau kembali terjadi gempa lagi demi keselamatan dari bencana gempa di Taiwan.

Apa saja penanganan bila terjadi gempa lagi dengan sekala besar, demi keselamatan anda ketika bekerja di luar negeri contoh nya di Taiwan, berikut tips penanganan bila terjadi gempa dengan skala besar biar kamu tahu sebagai berikut.


1. Anda harus tetap tenang dan tidak panik ketika terjadi gempa bumi. Jika berada di dalam rumah Anda bisa berlindung di bawah meja dan lindung kepala dengan tas atau tangan.

Diusahakan tidak berada dekat dengan contoh seperti lemari atau barang lainnya yang mudah pecah belah dan segera keluar dari rumah begitu getaran gempa selesai.

2. Jika Anda berada dalam gedung tinggi, usahakan segera keluar dari gedung. Sebaiknya gunakan tangga darurat dan jangan gunakan lift.

Usahakan mengetahui tempat evakuasi dan tangga darurat sebelumnya, dengan begitu bisa langsung tahu tempat untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi.

3. Kalau Anda berhasil berada di luar ketika terjadi gempa, waspadai bangunan dan pohon tinggi. Diusahakan jauhi dari bangunan dan tiang-tiang tinggi karena sangat berbahaya jika runtuh. Gempa itu terkadang juga menimbulkan tanah longsor, jadi hindari pula kawasan dekat tebing atau jurang, usahakan untuk bisa berada di alam terbuka dan tanah lapang.

4. Kalau getaran gempa bumi sudah selesai, tetap waspada terhadap gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari yang pertama. Kalau Anda masih berada dekat rumah, pastikan kompor sudah dimatikan.

Apa bila kamu tercium bau gas bergegas segera tutup dan cabut katup penghubung tabung gas tersebut. Kalau ada kemungkinan kerusakan listrik yang timbul akibat gempa bumi, segera matikan sumber listrik di rumah agar tidak terjadi konsleting listrik yang membahayakan bisa terjadi kebakaran.

Mendengarkan radio atau memantau media sosial, bisa membantu untuk mengetahui informasi dan panduan yang diarahkan oleh aparat setempat agar tetap berada dalam kondisi terlindung.

LihatTutupKomentar