Sambangai BNP2TKI Sampaikan Komitmen Bela Kepentingan Buruh Migran Indonesia -->

Sambangai BNP2TKI Sampaikan Komitmen Bela Kepentingan Buruh Migran Indonesia


DETIKBMI.COM - Kemerdekaan Buruh Migran Indonesia perlu menjadi perhatian oleh pemerintah Indonesia. Kemerdekan itu, misalnya tenaga kerja Iuar negeri ini memiliki status kerja yang jelas, upah yang maksimal, dan jominan atas perlindungan TKI yang sudah diatur oleh Undang-undang.

Berdasarkan itu. Ketua Umum Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional (KAPTEN) Indonesia. Abdul Rauf Tera mengatakan atas semangat memerdekaan buruh migran Indonesia. Melandasi terlahirnya Kapten Indonesia ini.

Menurutnya. Kapten Indonesia berbeda dengan penyedia tenaga kerja lainnya yang dimana tidak memberikan ruang kepada pemilik perusahaan penyalur atau penyedia tenaga Kerja menjadi pengurus.

“Jika ada, ada pemilik perusahaan atau penyalur TKI yang masuk dalam struktur kapten maka akan dipersilahkan membentuk komunitasnya diluar. Sehingga, Kapten Indonesia terbebas dari kepentingan pemodal,“ ucap Abdul Rauf saat audiensi bersama BNP2TKI. Jakarta, Jum'at (13/12).

Hingga saatt ini. Abdul Rauf meneguskan, bahwa struktur organisasi KAPTEN INDONESIA sudah dikukuhkan di 34 provinsi dan sebentar lagi akan menyelesaikan 517 Kabupaten kota di seluruh Indonesia.

“Struktur kita sudah di 34 provinsi, 517 Kab/Kota, dan 31 negara yang kita rancang untuk masuk sebagai cabang istimewanya  " kata Abdul Rauf.

Lanjut. Rauf KAPTEN siap akan mengawal SDM yang memang benar-benar unggul dan sesuai yang dibutuhkan. Tak hanya itu. KAPTEN juga akan mengawal segala kebijakan pemerintah mengenai tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri. Jika nantinya ada masalah. KAPTEN akan langsung instruksi dan menegur pemerintah dan menggerakkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) internal KAPTEN.

“Setelah melakukan audiensi ini. kita berharap pemerintah lebih memperhatikan komponen masyarakat seperti KAPTEN yang masyarakat saja dikukuhkan. Yang mempunyai ideolisme dan keinginan menyalamatkan anak bangsa ini khususnya dibidang ketenagakerjaan,” ujar Rauf.

“Perlu diketahui, kita juga tidak hanya memikirkan luar negeri. dan sepakat dengan pernyataan Bu Menteri Ketengokerjaan, yang mengatakan, pikiran kita memberangkatkan tenaga kerja keluar negri setelah habis pekerjaan di Indonesia." pungkosnya.

Kepala PLT BNP2TKI Tatang Budie Utama Rozak mengopresiasi kehadiran KAPTEN dan berharap bisa membawa angin segar di bidang ketenagakerjaan. Khususnya, tenaga kerja yang diberangkatkan ke Iuar negeri

“Ya, mudah-mudahan Kapten Indonesia bisa diandalkan menjadi saluran untuk menyalurkan tenaga kerja Indonesia yang berkualitas.’ ucap Tatang. di tempat yang sama.

Diketahui, Kapten Indonesia melakukan audiensi bersama BNP2TKI di Gedung BNP2TKI. Jakarta. Dalam kesempatan itu dihadiri PLT Kepala BNP2TKI Tatang Budie Utama Rozak. Deputi Penempatan Teguh Hendro Cahyono, Direktur Pemberdayaann Gatot Hermawan.



LihatTutupKomentar