Para Pekerja Informal TKI di Taiwan Masih Menerima Gaji Kurang Dari NT$17.000 -->

Para Pekerja Informal TKI di Taiwan Masih Menerima Gaji Kurang Dari NT$17.000


DETIKBMI.COM  - Sebuah survei yang dirilis The Garden of Hope Foundation (GHF) mengatakan bahwa 29.61% dari total TKW (khususnya rumah tangga) masih menerima gaji kurang dari NT$17.000, hal itupun belum termasuk potongan agensi.

Kepala eksekutif The Garden of Hope Foundation (GHF), Ji Hui-rong menjelaskan, ”sebagian besar pekerja migran hanya diupah sekitar NT$ 17.000. Ada sebagian yang bahkan di bawah angka ini. Paling rendah sekitar NT$ 15. 000.”

Sebagaimana aturan terbaru, seharusnya mereka yang bekerja di informal atau rumah tangga, gaji pokok mereka adalah NT$17.000 ditambah lemburan hari minggu dimana setiap bulannya ada 4 hingga 5 minggu.

Bekerja di hari minggu para BMI seharusnya mendapat bayaran NT$ 566 x 4jika dalam sebulan ada 4 hari minggu dimana diperoleh NT$ 2.264 atau NT$2.830. Sehingga mereka menerima gaji seharusnya minimal NT$ 19.264.

Dari total sektor informal 240.000 berarti ada 71.064 TKW yang menerima gaji dibawah standar. Sektor informal memang tidak masuk dalam UU Ketenagakerjaan Taiwan sehingga mereka tidak bisa berbuat apa apa kecuali menerima keputusan majikan, jika majikan baik, beruntunglah mereka.

Tak hanya gaji dibawah standar, banyak juga para TKW yang tak mendapatkan jam istirahat minimal 8 jam karena pasien yang mereka rawat tidak memungkinkan ditinggal dan tidak ada perawat pengganu.

Sebagai pekerja, kita hanya berharap kepada pemerintah Taiwan agar standarisasi gaji sektor informal benar benar ditertibkan sehingga rasa capek para pekerja terbayar lunas.

Penulis: Bejo thox
Docs: Taiwannews, focustaiwan, suarabmi - Yurong


LihatTutupKomentar