Heboh Virus Hanta Pertama Kali Menyerang Taiwan Tahun Ini -->

Heboh Virus Hanta Pertama Kali Menyerang Taiwan Tahun Ini


DETIKBMI.COM - Kasus pertama penyakit sindrom paru virus hanta untuk tahun ini muncul di Taiwan. Pasien adalah seorang nelayan lelaki Taiwan utara berusia 20-an tahun yang hidup secara jangka panjang di atas laut.

Masih untung virus pasien tidak tertular pada orang lain, dan pasien itu sendiri sudah sembuh setelah dirawat di rumah sakit.

Dokter Epidemi CDC // Su Jia-bin Setelah pasien dirawat terjadi perubahan fungsi hati dan ginjal Setelah infeksi dikonflrmasi lembaga kesehatan naik ke atas kapal dan menemukan seekor tikus usai dicek, tikus ini dipastikan Terinfeksi virus hanta.

Virus hanta menular antar manusia dan hewan pengerat Sindrom paru virus hanta adalah penyakit menular antar manusia dan hewan pengerat seperti tikus, ditransmisikan melalui inhalasi kotoran hewan dan udara yang tercemar.



Masa inkubasi berlangsung dari beberapa hari sampai dua bulan. Gejala utama mencakup demam mendadak dan persisten, hiperemia konjungtiva, kelemahan, sakit punggung, sakit kepala, sakit perut, anoreksia, muntah dan muka memerah.

Hemoragik akan muncul pada hari ketiga sampai keenam, diikuti oleh proteinuria, hipotensi atau oliguria. Beberapa pasien mungkin mengalami syok atau penyakit ginjal ringan dan dapat berkembang menjadi gagal ginjal akut.

Wakil Ketua CDC // Chuang Jen-hsiang (Virus) Hanta ditransmisi melalui tikus Dari inhalasi kotorannya atau digigit Tidak membiarkan tikus masuk rumah untuk mencegah penularan



Menurut statistik CDC, tercatat ada 12 kasus virus hanta sejak 2009, semuanya terinfeksi secara lokal. Di antaranya, 10 pasien adalah lelaki, 70% darinya berusia 50 tahun ke atas. CDC menegaskan, satu-satunya cara mencegah penyebarannya adalah tidak membiarkan tikus masuk ke rumah.

Kalau menemukan kotoran tikus, hendaknya dibersihkan dengan mengenakan masker dan sarung tangan, dan pintu serta jendela rumah seharusnya dibuka.

Semprot kotoran dengan air dicampur zat pemutih, dibiarkan sepanjang 30 menit sebelum di bersihkan.

Para sahabat (BMI) Buruh Migran Indonesia di manapun kamu berada di Taiwan, menghimbau jika kamu menaruh makanan di tempat yang bersih sekiranya tidak ada tikus, dan jangan sampai makanan itu di makan tikus entah di cium tikus, masalahnya Virus Hanta itu bekerja melalui makanan.




LihatTutupKomentar