Kamu Harus Siap Menghadapi Musim Kemarau Telah Tiba, Di Musim Kemarau Di tahun Ini Akan Lebih lama Dari Yang Tahun Kemarin -->

Kamu Harus Siap Menghadapi Musim Kemarau Telah Tiba, Di Musim Kemarau Di tahun Ini Akan Lebih lama Dari Yang Tahun Kemarin

Foto: rmoljatim

DETIKBMI.COM - Sudah memasuki musim kemarau, beberapa waktu terakhir cuaca sudah mulai terasa kering dan panas.

Bahkan menurut laporan dari analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geoflsika ( BMKG), yang dilansir dari Kompas.com, musim kemarau tahun ini diperkirakan akan lebih panjang dibanding musim kemarau tahun Ialu.

Kepala Stasiun Geoflsika Badan BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah, Setyoajie Prayoedhi mengatakan, musim kemarau tahun ini akan lebih panjang antara satu hingga tiga dasarian dibanding musim kemarau tahun lalu.

"Berdasarkan hasil analisa BMKG, musim kemarau tahun ini lebih kering dibanding tahun lalu, Iebih lama satu hingga tiga dasarian). Diprakirakan musim hujan akan mulai sekitar awal Oktober,” kata Setyoajie melalui keterangan tertulis, Rabu (26/6/2019).

Info indonesia
Foto: rmoljatim


Beliau juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi dampak kekeringan dengan menghemat penggunaan air.

Terkait dengan pertanian, Setyoajie meminta agar petani berkoordinasi dengan Dinas Pertanian mengenai pola masa tanam dan dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tentang ketersedian air irigasi.

”Saat ini merupakan masa tanam ketiga (MT3), di mana biasanya komoditas yang ditanam adalah palawija dan hortikultura, namun demikian perlu koordinasi dengan dinas terkait,” ujar Setyoajie.

Info indonesia
Foto: bandungbisnis


Sebelumnya, dari fakta yang terjadi di sejumlah daerah, salah satunya di Kabupaten Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah, mulai mengalami krisis air bersih.


Selain itu, sekitar 663 hektar lahan pertanian di dua wilayah tersebut juga terancam kekeringan.

Sumber: BMKG

LihatTutupKomentar