Contoh Hong Kong ID yang baru. Foto: RTHK -->

Contoh Hong Kong ID yang baru. Foto: RTHK

Info bmi hongkong

www.hellobmi.xyz - Pemerintah Hong Kong telah mengumumkan bahwa pembaruan sekitar 8,8 juta kartu identitas cerdas (HKID Card) warganya akan dimulai pada tanggal 27 Desember. Tetapi untuk pendaftaran permohonan pembaruan sudah bisa dilakukan akhir bulan Oktober 2018.

Menurutjuru bicara Departemen Imigrasi, Chan Tin-chee, warga Hong Kong sudah bisa mulai membuat janji temu dan mengisi formulir pendaftaran secara online di website resmi mereka mulai tanggal 29 Oktober 2018.

Jika tidak ingin mendaftar melalui website resmi pemerintah, warga Hong Kong juga masih memiliki pilihan untuk membuatjanji dan mengisi formulir pendaftaran menggunakan aplikasi resmi di smartphone mereka yang akan diluncurkan secara resmi pada 26 November 2018.

Pelayanan pembaruan kartu identitas cerdas secara manual untuk setiap pemohon diperkirakan akan menghabiskan waktu 30 menit dengan harapan pemohon bisa mengambil foto sebanyak yang mereka inginkan.

"Pada sesi pengambilan foto, pemohon dapat memilih foto terbaik yang paling mereka sukai," kata Chan.

Sementara itu jika ingin Iebih menghemat waktu, pemohon bisa juga melakukan pembaruan HKID Card di kios digital yang akan disediakan di 9 titik di seluruh wilayah Hong Kong. Jika melalui kios digital, pemohon hanya perlu memasukkan kartu identitasnya yang lama, memveriflkasi dua sidikjari dan kemudian memasukkan atau memveriflkasi data aplikasinya. Mesin kemudian akan mencetak formulir sehingga pemohon dapat melanjutkan ke sisi pengambilan foto.

Chan menyarankan pemohon untuk menghindari make-up berat dan menganjurkan pemohon mengenakan atasan berwarna gelap dengan kerah, agar wajahnya lebih menonjol. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk kali ini pemohon pembaruan HKID Card diizinkan mengenakan kacamata, tetapi bingkainya tidak boleh menutupi mata.

Diperkirakan proses pencetakan kartu identitas baru yang akan dibagikan secara gratis tersebut untuk akan memakan waktu sekitar 10 hari kerja terhitung sejak sesi pemotretan.

Semua orang, termasuk orang yang baru datang untuk bekerja dan tinggal di Hong Kong [PRT Migran termasuk di dalamnya], yang mengajukan permohonan HKID Card baru atau melakukan penggantian kartu identitas karena kartunya hilang atau rusak per 26 November juga akan menerima kartu identitas pintar yang baru.

Sebelumnya diberitakan bahwa pembaruan kartu HKID dilakukan pemerintah Hong Kong dalam rangka meningkatkan keamanan dan meng-upgrade teknologi identiflkasi menggunakan frekuensi radio terintegrasi (RFID) yang memiliki kecepatan pengambilan data lebih cepat dari kartu identitas lama. Penggantian foto dengan resolusi tinggi ditujukan untuk mendukung identiflkasi seseorang melalui wajahnya.

Warna kartu HKID baru akan menggunakan kombinasi warna; merah muda, biru muda dan hijau terang, dengan foto berukuran 3/4 yang diletakkan di sebelah kiri kartu dan potret laser stereo kecil di sebelah kanan.

Selain itu HKID Card baru juga akan menampilkan jendela tembus pandang yang berisi nomor kartu di sudut kanan atas. Gambar kaki langit Hong Kong juga akan muncul ketika bagian belakang kartu diperiksa di bawah sinar ultraviolet. Sementara itu cetakan sidikjari juga akan ditingkatkan untuk veriflkasi identitas yang Iebih aman dan akurat.

Sumber: Suara Hong Kong

LihatTutupKomentar